KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 1.1 DAN MODUL 1.2
PENGUATAN DIRI TERHADAP NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK
UNTUK MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA
Pemahaman Terhadap Nilai dan Peran Guru Penggerak
Nilai Guru Penggerak yaitu:
- Mandiri
- Reflektif
- Kolaboratif
- Inovatif
- Berpihak Pada Murid
- Menjadi pemimpin pembelajaran
- Menggerakkan komunitas praktisi
- Menjadi coach bagi guru lain
- Mendorong kolaborasi
- Mewujudkan kepemimpinan murid
Pondasi terpenting dari nilai guru penggerak dalam menjalankan peran sebagai guru penggerak adalah berpihak pada murid. Hal tersebut dikarenakan segala nilai yang kita miliki dan peran yang kita jalankan semuanya adalah untuk memberikan pendidikan yang sesuai dengan tumbuh kembang murid dan sesuai kodrat mereka agar nantinya memiliki visi di masa datang dan budi pekerti yang luhur.
Keterkaitan Nilai dan Peran Guru Penggerak dengan Profil Pelajar Pancasila
Sebelum kita menilik lebih jauh mengenai keterkaitan antara nilai dan peran guru penggerak dengan profil pelajar Pancasila, kita harus mengetahui terlebih dahulu mengenai profil pelajar Pancasila. Berikut merupakan gambaran mengenai profil pelajar Pancasila beserta nilai yang tersirat dalam setiap profilnya.
Berdasarkan Gambar 1 dan Gambar 2 jelas terlihat koneksi atau keterkaitan antara nilai dan peran guru penggerak dengan profil pelajar Pancasila. Pada profil pelajar Pancasila juga terdapat nilai-nilai dan peran yang sama dengan nilai dan peran guru penggerak. Contohnya dalam terdapat nilai Mandiri dan Kolaborasi baik pada nilai guru penggerak begitupun di profil pelajar Pancasila. Guru dan murid sama-sama berproses untuk menumbuhkan dan mengimplementasikan nilai dan peran tersebut. Nilai dan peran guru penggerak serta profil pelajar Pancasila merupakan konsep yang holistik atau satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Nilai guru penggerak mendukung peran guru penggerak. Nilai dan peran yang dimiliki guru penggerak akan mendukung terwujudnya Profil Pelajar Pancasila.
Strategi Pengembangan Nilai dan Peran Guru Penggerak
Nilai dan peran guru penggerak merupakan hal yang tidak serta merta kita dapatkan, namun melalui proses. Tanpa kita sadari, sebenarnya dalam menjalankan aktivitas sebagai manusia terlebih sebagai guru, kita telah memiliki nilai dan peran guru penggerak. Oleh karena itu pada diri kita sudah tertanam nilai dan peran guru penggerak, namun hal tersebut harus kita kembangkan agar nantinya benar-benar mampu mewujudkan profil pelajar Pancasila. Startegi pengembangan yang bisa saya lakukan adalah DR.KOI.
D = Latih Diri
R. = Refleksi . (dengan tanda titik)
KO = Kolaborasi
I = Inovasi
Penjelasan:
Latih Diri merupakan strategi pengembangan yang dilakukan terhadap diri sendiri, meng-update pengetahuan yang kita miliki secara mandiri.
Refleksi. merupakan strategi pengembangan terhadap emosi dan sikap, tanda titik berarti kita harus berhenti sejenak melihat kembali hal yang sudah kita lakukan, capaian yang sudah diraih, dan hal yang belum kita raih dan lakukan.
Kolaborasi merupakan strategi pengembangan untuk memperoleh masukan, berbagi pengalaman, bekerjasama dengan berbagai pihak baik itu kepala sekolah, teman sejawat, orang tua murid, masyarakat, dan murid
Inovasi merupakan strategi pengembangan untuk menuangkan ide/ gagasan baru hasil dari proses kolaborasi agar segala sesuatu yang kita lakukan tidak terasa stagnant atau membosankan, sehingga spirit tetap terjaga.
Pihak dan Peranan Dalam Menjalankan Strategi DR.KOI
Kepala Sekolah sebagai pemegang pemimpin dan kebijakan di sekolah berperan dalam hal menjamin strategi pengembangan berjalan lancar sekaligus melakukan pengawasan
Rekan Sejawat sebagai pendukung segala kegiatan yang kita lakukan sekaligus berperan dalam proses kolaborasi
Orang Tua Murid sebagai stakeholder di sekolah berperan dalam hal ikut mendukung program perubahan yang dilaksanakan dalam proses kolaborasi
Murid sebagai pendukung utama agar semua strategi pengembangan yang kita lakukan berjalan lancar karena murid merupakan perancang dan pelaksana proses pembelajaran (subjek pembelajaran).
Komentar
Posting Komentar