DEMONSTRASI KONTEKSTUAL MODUL 1.4_BUDAYA POSITIF_KESEPAKATAN KELAS


KESEPAKATAN PEMBELAJARAN DARING
DI KELAS 8A4 
SMP NEGERI 1 SINGARAJA

    Pembelajaran Daring di awal pemberlakuannya berjalan dengan lancar, murid-murid bersemangat mengikuti pembelajaran terutama saat tatap maya. Seiring berjalannya waktu, terlihat antusiasme murid mulai berkurang, mereka mulai mangkir dari tatap maya ataupun pengerjaan tugas dengan berbagai alasan. Oleh karena itu penulis mencoba melakukan perubahan terhadap kondisi yang dihadapi dengan membuat kesepakatan kelas.

    Langkah-langkah yang penulis tempuh dalam menyusun kesepakatan kelas yaitu:

  1. Menggali informasi penyebab utama turunnya antusiasme murid terhadap pelaksanaan daring. Pada langkah pertama ini guru melakukan tindakan identifikasi terhadap hal-hal yang menyebabkan antusiasme murid menurun terhadap pembelajaran daring. Identifikasi ini dilakukan dengan meminta murid untuk mengisi kuisioner berbantukan google form yang disebarkan melalui WA Grup. Hal ini dilakukan sebelum pembelajaran dimulai.
  2. Menggali ide-ide atau harapan-harapan murid terhadap proses pembelajaran secara daring melalui dikusi (zoom-meeting). Setelah mengetahui penyebab antusiasme murid menurun dalam pembelajaran daring, guru mengadakan pertemuan tatap maya. Pada awal pertemuan tatap maya, guru menyampaikan hal-hal yang menjadi penyebab menurunnya antusiasme murid dalam pembelajaran daring. Kemudian guru memberikan solusi dengan melakukan kolaborasi untuk membuat kesepakatan kelas. 
  3. Menanyakan hal-hal yang bisa dilakukan untuk mewujudkan ide atau harapan murid dalam bentuk butir-butir kesepakatan. Guru mengarahkan murid terlebih dahulu dengan memberikan motivasi: "Anak-anak, kita akan berkolaborasi saling menumpahkan ide untuk atasi masalah!" Kemudian guru memberi kesempatan kepada murid untuk berpendapat, "Anak-anak silakan keluarkan pendapatmu tentang kesepakatan yang akan kita buat, misalnya kesepakatan zoom-meeting!". Murid mengeluarkan pendapat atau ide-idenya.
  4. Guru dan murid menyetujui butir-butir ide sebagai kesepakatan. Guru menyederhanakan butir-butir kesepakatan dan membuat poster kesepakatan.
  5. Setiap akan memulai pelajaran guru mengingatkan kembali kesepakatan yang dibuat dengan mengunggah kesepakatan tersebut di WA Grup.

    Murid merespon baik kesepakatan yang dibuat, mereka lebih rileks dan senang dalam proses pembelajaran. Keberhasilan yang ditemui terjadi peningkatan kehadiran dalam tatap maya, tugas yang diberikan terpenuhi dengan baik. Tantangan yang dihadapi, beberapa murid “perlu waktu” untuk bisa menepati kesepakatan. Tindakan yang dilakukan guru, terus mengingatkan tentang pentingnya menjalankan kesepakatan yang dibuat.

Dokumentasi kegiatan:

Penyebaran kuisioner identifikasi

Penyampaian hasil identifikasi


Pembuatan kesepakatan kelas

POSTER KESEPAKATAN KELAS 8A4

Video ZOOM-MEETING_Kesepakatan Kelas

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BERBAGI AKSI NYATA (1.1.a.10.1)

SINTESIS MATERI MODUL 3.2 PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA

DEMONSTRASI KONTEKSTUAL MODUL 3.1 JURNAL MONOLOG