DEMONSTRASI KONTEKSTUAL MODUL 1.4_BUDAYA POSITIF_KESEPAKATAN KELAS
KESEPAKATAN PEMBELAJARAN DARING
DI KELAS 8A4
SMP NEGERI 1 SINGARAJA
Langkah-langkah yang penulis tempuh dalam menyusun kesepakatan
kelas yaitu:
- Menggali informasi penyebab utama turunnya antusiasme murid terhadap pelaksanaan daring. Pada langkah pertama ini guru melakukan tindakan identifikasi terhadap hal-hal yang menyebabkan antusiasme murid menurun terhadap pembelajaran daring. Identifikasi ini dilakukan dengan meminta murid untuk mengisi kuisioner berbantukan google form yang disebarkan melalui WA Grup. Hal ini dilakukan sebelum pembelajaran dimulai.
- Menggali ide-ide atau harapan-harapan murid terhadap proses pembelajaran secara daring melalui dikusi (zoom-meeting). Setelah mengetahui penyebab antusiasme murid menurun dalam pembelajaran daring, guru mengadakan pertemuan tatap maya. Pada awal pertemuan tatap maya, guru menyampaikan hal-hal yang menjadi penyebab menurunnya antusiasme murid dalam pembelajaran daring. Kemudian guru memberikan solusi dengan melakukan kolaborasi untuk membuat kesepakatan kelas.
- Menanyakan hal-hal yang bisa dilakukan untuk mewujudkan ide atau harapan murid dalam bentuk butir-butir kesepakatan. Guru mengarahkan murid terlebih dahulu dengan memberikan motivasi: "Anak-anak, kita akan berkolaborasi saling menumpahkan ide untuk atasi masalah!" Kemudian guru memberi kesempatan kepada murid untuk berpendapat, "Anak-anak silakan keluarkan pendapatmu tentang kesepakatan yang akan kita buat, misalnya kesepakatan zoom-meeting!". Murid mengeluarkan pendapat atau ide-idenya.
- Guru dan murid menyetujui butir-butir ide sebagai kesepakatan. Guru menyederhanakan butir-butir kesepakatan dan membuat poster kesepakatan.
- Setiap akan memulai pelajaran guru mengingatkan kembali kesepakatan yang dibuat dengan mengunggah kesepakatan tersebut di WA Grup.
Dokumentasi kegiatan:
![]() |
Penyebaran kuisioner identifikasi |
Komentar
Posting Komentar