AKSI NYATA MODUL 1.4_MENUMBUHKAN BUDAYA POSITIF
MENUMBUHKAN BUDAYA POSITIF
MELALUI KESEPAKATAN KELAS
Budaya sekolah menurut Fullan (2007) adalah keyakinan-keyakinan dan nilai-nilai yang terlihat dari bagaimana sekolah menjalankan aktivitas sehari-hari. Sedangkan Deal dan Peterson (1999) mendefinisikan budaya sekolah sebagai berbagai tradisi dan kebiasaan keseharian yang dibangun dalam jangka waktu yang lama oleh guru, murid, orang tua, dan staf administrasi yang bekerjasama dalam menghadapi berbagai krisis dan pencapaian. Budaya positif di sekolah ialah nilai-nilai, keyakinan-keyakinan, dan kebiasaan-kebiasaan di sekolah yang berpihak pada murid agar murid dapat berkembang menjadi pribadi yang kritis, penuh hormat dan bertanggung jawab. Dalam mewujudkan budaya positif ini, guru memegang peranan sentral. Guru perlu memahami posisi apa yang tepat untuk dapat mewujudkan budaya positif baik lingkup kelas maupun sekolah. Selain itu, pemahaman akan disiplin positif juga diperlukan karena sebagai pamong, guru diharapkan dapat menuntun murid untuk menjadi pribadi yang bertanggung jawab.
Budaya positif bukanlah hal yang secara instan bisa ditanamkan di sekolah namun melalui proses dan dengan kurun waktu tertentu. Salah satu upaya ataupun panduan interaksi murid dan guru dalam menumbuhkan budaya positif yang berpihak pada murid yaitu membuat kesepakatan kelas. Adapun tujuan dari pembuatan kesepakatan kelas yaitu: (1) membentuk lingkungan kelas yang mendukung terciptanya budaya positif di kelas, (2) membantu dan memudahkan proses belajar mengajar, dan (3) membangun suasana belajar yang menyenangkan atau tidak menekan
- Melakukan diagnosis terhadap permasalahan yang dihadapi murid melalui wawancara dan atau angket berbantukan google form "Kuisioner Gali Mimpi"
- Menginformasikan hasil wawancara/ angket kepada murid.
- Menggali keinginan murid yang sebenarnya terhadap pelaksanaan pembelajaran dan menentukan visi kelas impian.
- Menggali ide-ide murid untuk mewujudkan visi kelas impian.
- Menuliskan ide-ide murid menjadi butir-butir kesepakatan (kalimat singkat bermuatan budaya positif yang ingin dibangun).
- Memilih butir-butir kesepakatan berdasarkan urgensi (sesuai dengan tujuan).
- Menuliskan butir-butir kesepakatan dalam sebuah poster atau tayangan presentasi
- Menandatangani kesepakatan yang dibuat sebagai bentuk komitmen oleh guru dan murid.
- Melaksanakan kesepakatan.
- Melakukan refleksi terhadap pelaksanaan kesepakatan.
- Murid menjadi lebih sopan dan menghargai guru serta temannya. Hal ini sangat terasa saat murid ingin mengajukan ataupun menjawab pertanyaan guru. Murid menggunakan fasilitas raise hand pada aplikasi dan dengan sabar menunggu giliran untuk ditunjuk.
- Pembelajaran menjadi lebih mudah dan terasa menyenangkan karena setiap orang saling menghormati. Murid lebih fokus saat guru menjelaskan karena tidak ada suara lain yang mengganggu dan mendapatkan penjelasan yang utuh dari guru.
- Murid merasa terlibat dalam pembelajaran dan memiliki tenggungjawab menjalankan kesepakatan serta etika yang telah disetujui bersama. Hal ini tampak saat beberapa murid yang selalu mengingatkan etika daring baik melalui grup atau saat pembelajaran berlangsung dikala ada murid yang mungkin lupa mengikuti etika belajar daring.
- Masih belum semua ide murid tersampaikan pada kesepakatan, karena murid masih tergabung dalam kelompok besar yang terdiri dari 3 kelas. Rencana perbaikannya yaitu penulis akan merefleksi ulang kesepakatan dan etika belajar daring yang dibuat sesuai dengan kelas masing-masing.
- Masih ada beberapa murid yang lupa terutama terhadap etika belajar daring sehingga penulis merasa perlu melakukan penekanan ataupun mengingatkan kembali etika belajar daring sebelum pembelajaran berlangsung.
- Karena masih dalam pembelajaran daring, kesepakatan masih disetujui dalam bentuk verbal. Kesepakatan masih belum berisi tanda tangan guru maupun murid. Penulis berencana meminta tanda tangan seluruh murid yang nantinya akan dicantumkan dalam kesepakatan.
- Penulis akan merencanakan proses refleksi terhadap kesepakatan "Kelompok" agar bisa disesuaikan dengan kondisi "Kelas" nantinya.
Komentar
Posting Komentar